Selasa, 21 Juli 2009

NETWORKING

TUTORIAL MEMBANGUN LAN (LOCAL AREA NETWORK)

Bagaimana solusinya, bangunlah sebuah LAN di lingkungan ! Mengapa ? Dengan adanya LAN, sebuah printer (atau sumber daya lainnya) dapat disharing di sebuah komputer dan karyawan yang tidak mempunyai printer dapat mengkoneksikan komputer kerjanya ke komputer terminal ketika akan melakukan pencetakan. Selain printer untuk keperluan cetak mencetak, media penyimpanan seperti Hardisk atau CD-DVD dapat juga disaring agar bisa digunakan secara bersama-sama dalam satu lingkup LAN. Tersedianya LAN juga sudah memungkinkan saat ini untuk menikmati koneksi internet bersama-sama dengan cukup menggunakan sebuah koneksi.

VIEW MORE >>

MEMBANGUN WEB SERVER PADA JARINGAN LOKAL (LAN)

WEB atau istilah lengkapnya web site atau juga sering disebut home page adalah suatu halaman yang berisi sejumlah informasi yang dapat diakses dan dibaca melalui system jaringan dengan menggunakan program browser. Informasi yang dapat ditampilkan lewat web dapat berupa tulisan, gambar, dan bahkan audio visual pun bisa ditampilkan. Untuk contoh terakhir misalnya berita televisi liputan 6 dari SCTV bisa diakses dari internet dengan alamat www.liputan6.com. Untuk memasang web agar bisa di baca oleh orang lain dari komputer lain didalam system jaringan, baik jaringan local (LAN) maupun jaringan berbasis luas (WAN dan Internet)

VIEW MORE >>

KONFIGURASI VOIP SERVER WITH ASTERISK

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengaturan. Diantarnya adalah NAT (firewall). Kita perlu tahu apajah server dan client remotenya ada di dibelakang NAT atau tidak, karena nantinya pengaturannya akan sedikit berbeda. Dari hasil make samples (saat install asterisk), tidak banyak perubahan yang saya lakukan pada files conf yang berada di /etc/asterisk, kecuali files2 berikut berikut :

VIEW MORE >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar